Wednesday, July 1, 2015

7 Aplikasi Android yang dapat memudahkan perjalananmu di Bangkok



Perjalanan menjelajahi tempat-tempat baru sekarang ini bukanlah hal yang menakutkan lagi, terutama di era digital hampir semua informasi bisa kamu dapatkan melalui berbagai media dan salah satunya internet. Dengan munculnya beberapa smartphone dengan berbagai sistem operasi yang canggih saat ini, sangat memudahkan perjalanan baik dalam menemukan tempat menginap bahkan tempat makan.

Posting kali ini saya ingin berbagi pengalaman menggunakan beberapa aplikasi android dalam menjelajahi kota Bangkok di Thailand.

1. Google Maps
Google Maps
Aplikasi Google ini sangat memudahkan dalam menemukan tempat tujuan. Tingkat keakuratannya sangat baik, kamu tinggal memasukkan nama tempat atau daerah yang kamu ingin tuju kemudian cari dan temukan peta yang diinginkan tersebut. Berada di Bangkok kan operator dari Indonesia pasti dikenakan biaya roaming, jadi apakah harus beli kartu sim lokal di Bangkok? Kabar baiknya tidak perlu beli kartu sim lokal di sana, berhubung harganya yang lumayan mahal. Aplikasi Google Maps dapat terus terhubung dengan satelit dan menunjukkan posisi kita berada meskipun tanpa paket data atau offline dan saya telah mencobanya di Bangkok, tempat-tempat yang saya ingin kunjungi dapat dengan mudah saya temukan arahnya melalui peta digital yang disediakan aplikasi ini.

2. XE
XE
Aplikasi XE atau dalam versi webnya bisa di kunjungi di www.xe.com. Kegunaannya adalah untuk mendapatkan informasi nilai tukar mata uang. Nilai tukar yang tertera pada aplikasi ini cukup akurat, karena terbukti tidak jauh berbeda dengan nilai tukar di money changer di Bangkok saat saya menukarkan uang disana. Banyak mata uang lain yang bisa ditemukan infonya di aplikasi ini. Tips saat membawa uang di Bangkok, sesuai pengalaman saya membawa US Dollar dari Indonesia dan kemudian baru ditukar dengan Bath sesampainya di Bangkok. Bawalah US Dollar pecahan besar lebih banyak dari pecahan kecilnya karena untuk US Dollar makin besar pecahannya makin besar pula nilai tukarnya. Atau kalau ingin mudah bawa saja ATM dan lakukan tarik tunai langsung di sana, karena beberapa ATM Bank di Bangkok bisa menerima kartu ATM dari dari Bank di Indonesia asalkan ada logo Visa , Mastercard dan lainnya.

3. Booking.com

Booking.com

Booking.com
 Booking.com bisa dikunjungi versi web-nya dengan alamat yang sama. Aplikasi membantu dalam mencari penginapan mulai dari hostel hingga hotel berbintang. Dengan aplikasi ini kita bisa mengecek harga hingga memesan langsung penginapan yang diinginkan. Untuk pembayaran tidak langsung dibebankan pada saat memesan, tetapi dibayar pada saat menginap. Pembayarn dapat dengan pembyaran tunai ataupun dengan kartu kredit jika penginapan tersebut menyediakan fasilitasnya. Tips memesan penginapan dengan aplikasi ini adalah cek dengan teliti rekomendasi dari orang-orang yang pernah menginap sebelumnya perhatikan ratingnya, foto-foto yang tersedia meskipun hal ini tidak seratus persen menjamin kualitas sesuai dengan keinginanmu.

4. Google Translate
Satu lagi aplikasi Google yang membantu dalam perjalananmu di Bangkok. Kamu pasti tahu aksara di Thailand akan menyulitkan kita membacanya apalagi mengartikannya. Dengan aplikasi ini kamu bisa membaca dan mengartikannya dengan mudah, cukup tuliskan aksara yang kamu ingin terjemahkan pada smartphone android kamu pada layar, maka dengan segera google akan menampilkan saran dari kata yang kemungkinan dicari artinya sekaligus arti dari kata atau kalimat tersebut. Pelajari kata - kata sederhana agar memudahkanmu dalam berkomunikasi dengan warga lokal, karena tidak semua warga lokal di Bangkok fasih berbahasa Inggris.

5. Foursquare
Foursquare

Foursquare

Foursquare
 Salah satu fungsinya adalah untuk check in di suatu tempat yang dikunjungi, tapi kali ini saya tidak membahas fungsi itu. Foursquare bisa digunakan untuk mencari informasi dari suatu tempat yang akan dan sedang dikunjungi, salah satunya adalah password wifi cafe tempat nongkrong lainnya disaat kamu tidak membeli paket data. Selamat berburu semoga berhasil.

6.  Trip Advisor Bangkok / Bangkok City Guide
Trip Advisor

Trip Advisor

Aplikasi dari Trip Advisor yang sudah ternama dalam memberikan saran dan informasi suatu daerah, mulai dari tempat wisata, tempat makan, pertunjukan, museum, candi dan masih banyak informasi lainnya. Khusus untuk aplikasi ini diperuntukkan buat kamu yang berkunjung di Bangkok dan ingin meng-explore lebih dalam tetntang kota ini.

7. BTS Bangkok
BTS

BTS

BTS

Buat kamu yang senang menggunakan transportasi umum terutama BTS di Bangkok, maka aplikasi ini sangat memudahkanmu untuk mengetahui rute, merencanakan perjalanan, menghitung waktu tempuh dan lainnya. Aplikasi ini akan menunjukkan rute dari jalur-jalur BTS yang ada di kota Bangkok, sekaligus menghitung berapa total biaya yang kamu perlukan untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.

Kira-kira segitu dulu yang bisa saya bagikan buat kamu yang berencana atau bahkan sedang berada di Bangkok, Thailand. Beberapa aplikasi yang ada bisa digunakan untuk tujuan lain selain di Bangkok.

Selamat menjelajah....

0 Tanggapan tentang posting ini:

Post a Comment